Pengenalan INTERNET

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Pengenalan INTERNET

Post  sofan dedi on Tue May 17, 2011 2:32 pm

INTERNET

Oleh : Sofan Dedi Priyanto

1. Sejarah internet.
Agak sulit dipercaya cikal bakal internet sesungguhnya diawali dari Unisovyet, ketika pada tahun 1957 mereka meluncurkan sebuah satelit bernama Sputnik. Peluncuran sputnik ini dirasakan sebagai ancaman oleh musuh besar mereka yaitu Amerika serikat. Presiden Dwight D. Eisenhower menyatakan membangun sebuah teknologi yang membuat AS tetap sebagai negara superior. Kemudian dibentuklah sebuah badan yang disebut (ARPA) advance research projects agency. ARPA bernaung dibawah departemen Pertahanan Amerika Serikat atau Departement of Defence (DoD).
Pada tahun 1969, DoD memberi tugas kepada ARPA untuk membangun sebuah mata rantai komunikasi antara DoD dengan militer yang tidak dapat disabot oleh musuh mereka. Jaringan yang diciptakan ini disebut ARPAnet. Pada awalnya ARPAnet hanay menghubungkan empat buah situs saja, yaitu :
• Stanford Research Intitute (SRI)
• University Of California at Santa Barbara (UCSB)
• University Of California at Los Angeles (UCLA)
• University of Utah

2. Istilah-istilah Internet.

Istilah
• WWW : World Wide Web merupakan suatu bentuk layanan internet yang menggunakan konsep hypertext antar dokumen yang berkaitan, yang di dalamnya terdapat halaman web (web page).untuk mengakses www digunakan protokol http (Hyper text transfer protokol).
• Protocol : sejumlah aturan yang menentukan bagaimana dua komputer atau lebih saling berkomunikasi.
• Homepage : tampilan awal (halaman utama) suatu website yang memuat informasi singkat tentang apa isi dari website tersebut.
• Situs : suatu alamat didalam sebuah website.
• Browser : software yang digunakan untuk surfing atau browsing internet, seperti internet explorer, Opera, Netscap, Mozila dll.
• ISP : internet service provider atau penyedia jasa layanan internet seperti indosatnet, Speedy, wasantara,meganet dll.
• Download : menyalin atau mengambil file atau objek dari internet ke computer.
• E-mail : elektronik mail, suatu layanan atau fasilitas yang disediakan untuk saling berkirimsurat lewat internet.
• Search engine : mesin pencari, suatu layanan atau fasilitas untuk melakukan pencarian di internet.
• Mailing list : suatu forum atau kelompok diskusi di internet yang dapat saling bertukar informasi.

Ekstensi address

• Com : commerage, komersial
• Co : company atau perusahaan
• Org : organization atau organisasi
• Gov;go : government atau pemerintah
• Ac : akademik
• Edu : education atau pendidikan
• Mil : militer
• Id : indonesia
• Us : united state
• Au : Australia
• It : italia

3. Mengenal Element Jendela Internet Explorer
[You must be registered and logged in to see this image.]
• Back : berfungsi untuk kembali ke halaman sebelumnya.
• Forward : berfungsi untuk ke halaman depan.
• Stop : berfungsi untuk menghentikan load suatu halaman.
• Refresh : setelah meng klik stop kita dapat meng klik refresh.
• Bar address : tempat menuliskan alamat situs atau website yang hendak kita buka.
• Go : setelah mengetik alamat situs atau website kita dapat mengklik go atau menekan enter untuk menampilkan halaman situs atau website tersebut.
• Minimize : menyembunyikan jendela internet ekplorer.
• Maximize :membesarkan jendela layar.
• Restore : mengecilkan jendela
• Close : menutup jendela.

4. E-mail
Email merupakan suatu layanan/fasilitas yang disediakan untuk saling berkirim surat lewat internet. Banyak sekali situs yang memberikan layanan email, dari gratis hingga yang bayar. Sebelum membuat email, yang harus kita pertimbangkan adalah :
1. Situs yang memberikan email gratis yang menyediakan layanan terbaik untuk user.
2. Situs yang menyediakan mailbox (daya tampung pesan) yang besar, space (ruang) attachment (lampiran) yang luas dan yang paling penting menyediakan layanan mail client server antara lain POP3 dan SMTP.
Contoh situs yang kita gunakan untuk membuat email adalah www.yahoo.com, karena yahoo kini menyediakan space mailbox.

5. HTML
HTML digunakan untuk membangun suatu halaman web. Sekalipun banyak orang menyebutnya sebagai suatu bahasa pemrograman, HTML sama sekali bukan bahasa pemrograman, tapi merupakan bahasa markup (penandaan), terhadap suatu dokumen text. Simbol markup yang digunakan oleh HTML ditandai dengan tanda lebih kecil (<) dan tanda lebih besar (>), dan disebut tag.

Daftar referensi
Jeremi Hollobon. Mastering The Net. The Internet Group.1997


Jaringan Komputer

Oleh : Sofan Dedi Priyanto
085514232 Unesa

Pengertian jaringan komputer
Jaringan komputer adalah sekelompok otonomi komputer yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada di berbagai lokasi yang terdiri dari lebih dari satu komputer saling berhubungan.

Tujuan jaringan komputer
Tujuan dibangunnya suatu jaringan komputer adalah membawa informasi secara tepat dan tanpa adanya kesalahan dari sis pengirim (transmitter) menuju ke sisi penerima (receiver) melalui media komunikasi.

Manfaat jaringan komputer
1. Sharing resources
Bertujuan agar seluruh program, peralatan atau peripheral lainnya dapat dimanfaatkan oleh setiap orang yang ada dalam jaringan komputer tanpa terpengaruh oleh lokasi ataupun pengaruh dari pemakai.
2. Media komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan terjadinya komunikasi antar pengguna, baik untuk teleconference maupun untuk mengirim pesan atau informasi penting lainnya.
3. Integrasi data
Jaringan komputer dapat mencegah ketergantungan pada komputer pusat pada komputer pusat, karena setiap proses data tidak harus dilakukan pada satu komputer saja melainkan dapat didistributorkan ketempat lain.
4. Pengembangan dan pemeliharaan
Pengembangan peralatan dapat dilakukan dengan mudah dan menghemat biaya, karena setiap pembelian komponen seperti printer, maka tidak perlu membeli printer sejumlah komputer yang ada tetapi cukup satu buah saja karena printer itu dapat digunakan secara bersama sama.
5. Keamanan data.
Sistem jaringan komputer dapat memberikan perlindungan terhadap data. Karena pemberian dan pengaturan hak akses kepada para pemakai serta teknik perlindungan terhadap hard disk sehingga data mendapatkan perlindungan yang efektif.

Jenis jaringan pada komputer
Berdasarkan jarak dan area kerja jaringan dibedakan menjadi tiga, yaitu :
Local Area Network (LAN)
Merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilo meter. LAN sering kali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi atau workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik untuk memakai bersama sumber daya dan saling bertukar informasi. LAN dibagi menjadi tiga kelompok menurut kecepatan transmisinya, yaitu Low Speed Network, Medium Speed Network dan High Speed Network.

Metropolitan Area Network (MAN)
Pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencangkup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota untuk dimanfaatkan untuk keperluan pribadi atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
Wide Area Network (WAN)
Jangkauannya mencangkup daerah geografis yang luas, seringkali mencangkup sebuah negara atau benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalajan program-program pemakai.

Topologi jaringan komputer
Topologi menggambarkan struktur dari suatu jaringan atau bagaimana sebuah jaringan didesain. Dalam definisi topologi terbagi menjadi dua, yaitu topologi fisik yang menunjukkan posisi pemasangan kabel secara fisik dan topologi logik yang menunjukkan bagaimana suatu media diakses oleh host.
Topologi fisik yang umum digunakan dalam membangun jaringan :
a. Topologi bus
b. Topologi ring
c. Topologi star
d. Topologi extended star
e. Topologi hirarki
f. Topologi mesh
Topologi logik pada umumnya terbagi menjadi tiga :
a. Topologi broadcast
b. Topologi token passing

Protokol.
Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer. Misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim san penerima agar komunikasi berlangsung dengan benar. Selain itu protokol juga berfungsi untuk memungkinkan dua atau lebih komputer dapat berkomunikasi dengan bahasa yang sama.

Hal-hal yang haru diperhatikan dalam protokol adalah :
a. Syntax.
Merupakan format data dengan cara pengkodean yang digunakan untuk mengkodekan sinyal.
b. Semantix.
Digunakan untuk mengetahui maksud dari informasi yang dikirim dan mengoreksi kesalahan yang terjadi dari informasi tadi.
c. Timing.
Digunakan untuk mengetahui kecepatan transmisi suatu data.
Fungsi protokol diantaranya adalah sebagai berikut :
a. Fragmentation dan Reassembly
Berfungsi membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data pada saat sisi pengirim mengirimkan informasi tadi dan setelah diterima maka sisi penerima akan menggabungkan lagi menjadi paket berita yang lengkap.
b. Encaptulation
Melengkapi berita yang dikirimkan dengan address, kode koreksi dan lain-lain.
c. Connection Control
Membangun hubungan komunikasi dari transmitter dan receiver dimana dalam membangun hubungan ini termasuk dalam hal pengiriman data dan mengakhiri hubungan.
d. Flow Control
Mengatur perjalanan data dari transmitter ke receiver.
e. Error Control
Mengontrol terjadinya kesalahan pada waktu data dikirimkan.
f. Transmitter Service
Memberi layanan komunikasi data khususnya yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan serta perlindungan data.

Standarisasi Protokol
Beberapa perusahaan yang berperan dalam usaha komunikasi adalah :
a. Electronic Industries Association (EIA).
b. Committee Consultative International de Telegrapque et Telephonique (CCITT).
c. International Standar Organization (ISO).
d. American National Standard Institute (IEEE).
Alasan diperlukan standarisasi adalah :
a. Memberikan jaminan kepada produsen hardware dan software bahwa produknya akan digunakan oleh pemakai dengan kata lain potensi pasar menjadi lebih besar.
b. Menjadikan produk dari para produsen komputer dapat saling berkomunikasi sehingga pembeli menjadi lebih leluasa dalam memilih peralatan dan menggunakannya.
c. Produsen tidak dapat monopoli pasar sehingga harga produk menjadi lebih murah karena terjadi persaingan sehat antar para produsen dalam menjual produknya.

Jenis –Jenis Protokol
1. NetBEUI Frame Protokol (NBF)
Adalah versi modifikasi dari NetBEUI yang dikembangkan pada tahun 1985 oleh IBM. Spesifikasi terbaru dari NBF adalah V.30
2. NetBIOS
Adalah suatu antar muka (interface) dan sebuah protokol yang dikembangkan oleh IBM. Fung si protokol in berkisar di atas tiga layer paling atas(session, presentation dan application).
3. NWLink
Merupakan suatu implementasi 32bit Microsoft dari protokol stack yang kompatibel dengan IPX/SPX, digunakan untuk menciptakan hubungan antara komputer WindowsNT lainnya.
4. IPX/SPX
Adalah protokol yang diimplementasikan dalam jaringan Novell Netware.
5. TCP/IP
Bukanlah sebuah protokol tunggal tetapi suatu kesatuan protokol dan utility. Setiap protokol dalam kesatuan ini memiliki aturan yang spesifik. Protokol ini dikembangkan oleh ARPA untuk departemen Pertahanan amerika pada tahun 1969.
6. UDP
Memberikan satu metode kepada aplikasi untuk mengirimkan data ke aplikasi di host lain pada jaringan tanpa harus lebih dulu membangun hubungan komunikasi dengan host tersebut.

7. ARP (Address Resolution Protocol)
Layer IP bertugas suntuk mengadakan mapping atau informasi dari IP address ke Ethernet address. Secara internal ARP melakukan resolusi address tersebut dan ARPO berhubungan langsung dengan link layer.
8. RARP (Reverse Address Resolution Protocol)
Digunakan oleh komputer yang mempunyai nomor IP. Pada saat komputer dihidupkan, maka komputer melakukan broadcast keseluruh jaringan untuk menanyakan apakah ada server untuk yang dapat memberikan nomor IP untuk komputer tersebut.
9. ICMP (Internet Control Message Protocol)
Diperlukan secara internal oelh IP untuk memberikan informasi tentang erreo yang terjadi antara host.

Model-Model Referensi
Model referensi OSI
Merupakan salah satu standard dalam protokol jaringan yang dikembangkan oleh ISO yang memberikan gambaran tentang fungsi, tujuan dan kerangka kerja tentang struktur model referensi untuk proses yang bersifat logis dalam sistem komunikasi.
Tujuan dibentuknya model referensi OSI yaitu :
a. Menjadi patokan bagi perkembangan produser komunikasi pada masa yang akan datang.
b. Mengatasi hubungan yang timbul antara pemakai dengan cara memberikan fasilitas yang sesuai.
c. Membagi permasalahan prosedur penyambungan menjadi sub struktur.
d. Memenuhi kebutuhan pemakai kini dan yang kan datang.

Lapisan referensi Model OSI.

Lapisan
(layer) Nama Fungsi Pelayanan/Protokol
7 Application Menyediakan pelayaan yang langsung mendukung aplikasi pemakai File transfer, Email, akses kedata base

6 Presentation Menerjemahkan, kompresi, enkripsi data ASCII. EBCDIC, MIDI, MPEG, JPEG, TIFF, PICT, Quick time

5 Session mengkoordinasi komunikasi antar sistem NETBEUI, RPC, SQL, Xwindows

4 Transport Memungkinkan paket data dikirim tanpa kesalahan dan tanpa duplikat TCP, UDP, SPX

3 Network menentukan jalur pengiriman dan meneruskan data ke alamat peralatanlain yan berjauhan. IP. IPX, ARP, RARP, ICMP, RIP, OSFT, BGP

2 Data-link mengatur binary data menjadi logical group. Pada lapisan ini data dikirim dalam bentuk frame. Ethernet, Token ring, FDDI, ATM, SLIP, PPP, MTU

1 Physical transmisi binary data lewat jaringan. 10BaseT, 100BaseTX, HSSI, V.35, X.21


Model Referensi TCP/IP
TCP/IP digunakan pertama kali untuk menghubungkan komputer-komputer pemerintah USA dan sekarang telah menjadi dasar dari internet. TCP/IP memiliki keunggulan sehubungan dengan kompabilitasnya dengan beragam perangkat keras dan sistem operasi.














Model TCP/IP

Nama Layer Protokol
Application Telnet, FTP, SMTP, Kerberos, DNS, TFTP, NFTP,SNMP, NFS, XWindows
Transport UDP, TCP
Internet IP, ARP, RARP, ICMP, BootP
Network Ethernet, Tokenring, FDDI
Lapisan model referensi TCP/IP

Persamaan antara model OSI dan TCP/IP antara lain :
1. Keduanya memiliki lapisan/layer
2. Sama-sama memiliki aplikasi layer meskipun memiliki layanan yang berbeda.
3. Memiliki transport dan network layer yang sama.
4. Asumsi dasar keduanya adalah menggunakan teknologi packet switching.

Perbedaan antara model OSI dan TCP/IP antara lain :
1. TCP/IP mengkombinasikan presentasi layer dan sesi layer pada lapisan aplikasi.
2. TCP/IP menggabungkan data link physical layer menjadi satu lapisan.













[center]Data Referensi
Tanenbaum, Andrew S. Jaringan Komputer Jilid 2. Prenhallindo. Jakarta. 1997

sofan dedi

Jumlah posting : 1
Join date : 17.05.11

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik